Resep Ikan Pepes Kemangi Khas Sunda

Kuliner yang akan kita kulik kali ini adalah resep ikan pepes kemangi khas sunda. Makanan yang satu ini memiliki keunikan dalam cita rasa pepesnya.

Pepes yang ada rasa gurih pedas, sangat cocok bagi keluarga Indonesia yang menyukai kuliner bercita rasa pedas.

Proses pembuatan pepes yang di kukus ini lebih efisien karena tidak mengurangi gizi ikan dibandingan dengan di goreng.

Isi dari Pepes biasanya ikan, daun kemangi, daun singkong, dan bumbu rempah. Oleh sebab itu masakan ini menciri khas kan masakan Sunda.

Cara membuat pepes ikan tidaklah sulit, asalkan pintar memilih ikan yang akan digunakan dan tahu resepnya dengan benar.

Untuk pembuatan pepes ini anda dapat mengkreasikan rasa pepes. Jika anda termasuk penggemar pedas anda dapat menambah jumlah cabainya.

Untuk ikan, anda dapat menyesuaikan selera. Anda dapat memilih ikan patin, ikan mas, ikan bawal, ikan nila dan masih banyak lagi. Bagaimana sih cara membuat pepes ikan ini? Simak yuk resep rahasianya.

Resep Ikan Pepes Kemangi Khas Sunda

Bahan Bahan Ikan Pepes Kemangi
  • 1 ekor ikan mas (ukuran ½ kg)
  • 15 lembar daun kemangi
  • daun pisang secukupnya
  • daun bawang diiris kasar
  • 3 lembar daun salam
  • tusukan gigi untuk penyemat
  • tomat diiris kasar

Bumbu yang Dihaluskan
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 3 butir kemiri
  • 1 sendok teh garam
  • 3 cm kunyit
  • Penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Resep Ikan Pepes Kemangi Khas Sunda
  1. Ikan dibersihkan terlebih dahulu, dicuci kemudian dilumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Setelah itu campurkan daun bawang iris, daun kemangi, dan tomat iris pada ikan.
  2. Siapkan daun pisang untuk membungkus (memepes)
  3. Siapkan tusuk gigi untuk penyemat
  4. Taruh 3 lembar daun salam diatas daun pisang yang telah disiapkan sebelumnya
  5. Simpan ikan yang sudah dicampur dengan bumbu-bumbu diatas daun
  6. Kemudian bungkus ikan dengan rapi lalu semat dengan tusuk gigi
  7. Setelah dibungkus semua, kukus ikan sampai matang angkat lalu tiriskan
  8. agar mendaatkan pepes yang keringg, anda dapat memanggangnya sebentar
  9. Ikan pepes kemangi khas sunda siap di sajikan
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Ternyata membuat pepes ikan diatas tidaklah sulit, asalkan pandai memilih ikan yang akan digunakan agar menghasilkan cita rasa yang nikmat.

Mungkin membuat sendiri masakan akan menghasilkan kenikmatan tersendiri dari pada membeli di warung.

Bukan hanya itu saja, kita juga lebih tenang ketika menjamin sendiri apa yang kita masak. Kita mengetahui dari sebelum ikan di masak hingga matang.

Teman-teman di rumah, selamat mencoba resep ikan pepes kemangi khas sunda ya.

Resep Masakan Udang Pedas Bertabur Keju

Udang merupakan salah satu makanan yang mempunyai gizi sangat tinggi, namun tak sedikit orang yang alergi dengan udang. Sayang sekali ya, padahal udang adalah makanan yang sangat gurih dan enak sekali.

Mau di olah apapun udang akan tetap menonjolkan ciri khas rasanya yang sangat gurih. Di setiap daerah memiliki berbagai variasi dan cara mengolah udang yang berbeda beda.

Ada yang suka digoreng, dibakar atau dimasak dengan sayuran. Bagi anda pecinta olahan udang dan ingin mencoba membuat menu baru dari bahan utama udang ini. 

Mungkin bisa mencoba menu hidangan bercita rasa pedas berbahan dasar udang ini yaitu resep masakan udang pedas bertabur keju.

Menu ini sangat pas disajikan bagi anda sekalian penikmat udang yang juga gila pedas. Perpaduan antara lembutnya daging udang dan pedasnya masakan serta gurihnya keju akan mengguncang lidah anda.

Hem. Rasanya gemetar di lidah, jadi ikutan lapar nih. Hehe. Sajian udang pedas ini mungkin mendaji menu yang bisa anda temukan di beberapa tempat makan di lingkungan sekitar anda. 

Namun biasanya anda merasa malas untuk keluar membeli makanan yang satu ini. Nah untuk itulah kami hadir untuk menjadi alternative pilihan anda dalam memasak.

Anda dapat memasak udang kesayangan anda di rumah dengan mengikuti resep berikut ini.
Resep Masakan Udang Pedas Bertabur Keju

Bahan bahan:
  • 20 buah udang besar dan dikerat punggungnya
  • 2 buah jeruk nipis
  • 200 gr keju parut
  • 2 sdt minyak wijen
  • 2 sdt garam
  • 5 buah cabe merah dicincang halus
  • 2 sdt merica
  • 4 siung bawang putih

Cara membuat resep masakan udang pedas bertabur keju:
  1. Lumuri udang dengan perasan air jeruk nipis, garam, merica, bawang putih dan minyak wijen
  2. Aduk rata hingga bumbu menutupi badan udang lalu diamkan selama 10 menit
  3. Susun udang dalam wadah pengukus
  4. Setelah itu taburi udang dengan cabai merah yang sudah dicincang halus
  5. Kemudian jangan lupa untuk menaburkan pula keju parutnya
  6. Didihkan air bersih, kemudian kukus udang selama kurnag lebih 15 menit
  7. Angkat dan sajikan
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Udah kebayang rasanya ya, perpaduan antara ketigan bahan yang berlawanan rasa itu tercampur menjadi satu.

Selain itu udang juga memiliki gizi yang sangat tinggi. Jadi anda tak usah kawatir mengenai gizi dari makanan yang satu ini.

Apalagi jika anda sendiri yang membuatnya, anda dapat memastikan sendiri kualitas dari udang tersebut, kebersihan saat mengolanya pun lebih terjamin.

Nah dari resep masakan udang pedas bertabur keju ini bisa kita sajikan makanan yang menjadi selingan ataupun makanan utama bersama nasi hangat.

Semoga resep diatas dapat menambah koleksi masakan bunda di rumah ya..

Resep Sambal Goreng Teri Kacang Renyah

Semua makanan tanpa adanya rasa pedas memang benar-benar kurang lengkap dan kurang dapat dinikmati. Mungkin itulah ungkapan yang cocok bagi lidah orang Indonesia.

Memang orang Indonesia terkenal dengan doyan banget dengan masakan pedas. Sambal adalah bahan pelengkap menu makanan yang hampir setiap orang membutuhkannya agar selera makan dapat meningkat.

Apalagi jika makan dengan di temani lalap-lalapan tentunya membuat makan semakin mengguah selera saja.

Nah kali ini kami akan membagikan sambal dengan bahan bahan yang berbeda dari sambal yang biasanya kalian temui.

Sambal yang akan di bagikan untuk anda pada kesempatan kali ini adalah sambal goreng teri kacang renyah.

Rasa rasanya sambal goreng teri kacang ini sangat nikmat jika di santap dengan sepiring nasi puti hangat, dan tak lupa juga dengan lalapan (timun, kemangi, dll).

Jika anda tergoda ingin membuat sambal goreng teri kacang, anda bisa membuatnya sekarang juga loh dengan mengikuti resep sambal goreng teri kacang renyah.

Jangan sampai melewatkan step sterpnya ya, agar masakan kalian tetap nyuss.

Resep Sambal Goreng Teri Kacang Renyah

Bahan bahan membuat sambal goreng teri kacang:
  • 80 gram kacang tanah
  • 350 gram kentang
  • 3 sendok makan bawang goreng
  • 40 gram teri medan
  • 4 siung bawang putih (iris tipis tipis)

Bumbu yang diperlukan:
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 15 gram gula merah
  • 1 lembar daun jeruk, cincang kasar
  • 1 batang serai, memarkan
  • 1 lembar daun salam
  • 10 buah cabe merah iris tipis
  • 100 ml air
  • 40 gram gula pasir
  • ½ sendok teh garam

Cara membuat resep sambal goreng teri kacang:
  1. Kupas kentang dan bersihkan, potong ketang menjadi tipis-tipis kemudian rendam di air kapur sirih, tiriskan lalu goreng kentang sampai kering, sisihkan.
  2. Setelah itu siapkan wajan penggorengan. Goreng kacang tanah dan teri hingga kering, sisihkan.
  3. Panaskan wajan, tumis bumbu lengkuas, daun salam, serai, daun salam, cabe dan daun jeruk sampai harum dengan api kecil saja.
  4. Masukan gula merah, garam, gula pasir dan air, aduk-aduk sampai tercampur rata.
  5. Langkah terakhir masukan kacang tanah goreng, kentang goreng, ikan teri goreng, bawang goreng dan irisan bawang putih goreng, aduk aduk semua bahan sampai semua bumbu tercampur rata.
  6. Matikan api, angkat dan sajikan bersama menu pendamping lainnya seperti nasi atau sayur.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Masakan yang lainnya
Alhamdulillah, resep sambal goreng teri kacang renyah telah selesai. Sambal goreng teri kacang tanah bisa anda masukan ke dalam toples yang kedap terhadap udara setelah dingin.

Jadi sambal goreng teri ini dapat bertahan beberapa hari lho tergantung bagaimana cara penyimpanan.

Demikianlah resep sambal goreng teri kacang yang sangat mudah cara membuatnya, bahannya pun mudah ditemukan di warung terdekat.

Selamat mencoba di rumah, dengan senang hati kami akan menemani teman teman memasak.

Resep Masakan Tahu Telur Goreng

Tahu telur goreng merupakan hidangan khas jawa timur yang pastinya kalian sudah tak asing lagi. Anda dapat menemukan makanan ini warung tenda khas Lamongan atau Sidoarjo.

Tahu telur pada umumnya disajikan dengan lontong atau ketupat sebagi sumber karbohidrat. Namun jika harus menyiapkan ketupat maupun lontong terlebih dahulu mungkin akan merepotkan.

Jadi anda cukup menghidangkannya dengan sepring nasi putih pun sudah cukup. Tahu telur goreng ini adalah salah satu varian dari sekian banyak resep masakan yang terbuat dari tahu dan telur. 

Jadi resep masakan tahu telur ini sangat cocok dan recommended banget bagi anda yang mempunyai waktu mepet untuk membuat hidangan untuk keluarga.

Sebenarnya tahu telur goreng ini merupakan masakan sederhana, mirip gorengan bakwan atau bala-bala. Hanya saja mempunyai perbedaan tahu dan telur sebagai bahan utamanya.

Biar tidak penasaran simak yuk resep masakan tahu telur berikut.

Resep Masakan Tahu Telur Goreng

Bahan bahan:
  • 250 gr tahu putih, cuci bersih, potong dadu 1cm
  • 150 gr tauge, bersihkan, seduh air panas hingga layu
  • 150 gr mentimun, cincang kasar
  • 1 sdm tepung terigu
  • 5 butir telur ayam
  • 3 batang daun kucai, iris 1 cm
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • ½ sdt garam
  • 50 ml air

Bahan sambal:
  • 1 sdm minyak goreng
  • 5 cabai rawit, iris halus
  • 2 sdm petis udang
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 10 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam

Cara membuat tahu telur:
  1. Siapkan wadah (baskom atau mangkuk ukuran sedang), pecahkan telur ayam dan kocok lepas. Masukkan terigu yang sudah dilarutkan dengan air, bawang putih, garam, dan tahu iris. Campur rata. Kemudian bagi adonan menjadi 5 bagian.
  2. Panaskan wajan anti lengket, olesi dengan minyak sebelumnya. Tuangkan satu bagian adonan tahu telur, masak dengan api kecil hingga adonan matang di satu sisi. Jangan lupa untuk membalik adonan dan masak kembali hingga adonan matang merata. Angkat dan sisihkan. Lakukan terus hingga adonan habis.
  3. Sambal: panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih dan cabai rawit hingga setengah matang. Angkat, haluskan. Siapkan mangkuk kecil, campur cabai, garam, bawang putih, petis dan juga kecap. Aduk rata.
  4. Hidangkan tahu telur bersama mentimun, tauge, sambal petis dan taburan daun kucai.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Itulah resep masakan tahu telur yang dapat anda coba di rumah untuk menyajikan hidangan untuk keluarga. Mudah-mudahan anda dan keluarga menyukai hidangan ini.

Anda juga dapat mengganti sambal dengan sambal tomat maupun kecap manis, sesuai selera pokonya.

Resep Kue Bolu Pisang Teh Hijau

Hallo gaes bertemu lagi nih. Kali ini aku akan bertama siapa sih yang suka dengan teh, atau mungkin anda termasuk pecinta teh dan pecinta pecinta bolu?

Anda juga bisa megombinasiankan keduanya menjadi sebuah resep yang nikmat lho.

Sebenarnya resep kue bolu sangatlah beragam dan menarik tampilannya. Sehingga dapat menggugah selera makan kita.

Apakah anda pernah mendengar kue bolu yang dapat di kombinasikan dengan teh dan pisang?

Resep Kue Bolu Pisang Teh Hijau

Ya, anda juga memang dapat menambahkan pisang sebagai perasa buah. Maka jadilah resep kue bolu pisang teh hijau yang akan memberikan sensasi rasa yang berbeda.

Bingung? Atau penasaran? Dengan resep bolu kali ini? Nah, kali ini mungkin akan menjadi kabar gembira bagi kalian

Karena dapat mengombinasikan makanan favorit anda menjadi sebuah bolu yang memiliki cita rasa sangat nikmat.

Memang sih agak aneh namanya di sebagian kalangan masyarakat awam. Namun rasa kue ini tak kalah dengan resep bolu yang lainnya.

Temukan jawabannya di sini yuk dengan resep kue bolu pisang teh hijau.

Bahan Bahan Kue Bolu Pisang Teh Hijau:
 

Bahan pertama:
  • 150 gram mentega cair
  • 1 sdt pasta teh hijau
  • 150 gram coklat putih
  • 15 gram bubuk teh hijau

Bahan kedua:
  • 150 gram coklat
  • 150 gram mentega cair

Bahan ketiga:
  • 2 sdt baking powder
  • 5 butir telur
  • 2 buah pisang ambon
  • 180 gram tepung gula
  • 2 sdt cake emulsifier
  • 340 gram tepung terigu
  • Butter cream secukupnya
  • Keju parut secukupnya

Cara Membuat Kue Bolu Pisang Teh Hijau:
  • Campurkan bahan pertama satu persatu kemudian aduk rata, sisihkan dahulu
  • Campurkan bahan kedua satu persatu dan diaduk rata, sisihkan
  • Kocok telur bersama tepung, gula hingga lembut dan tercampur rata.
  • Tambahkan cake emulsifier dan kocok sampai adonan mengembang
  • Tambahkan pisang ambon tepung terigu dan baking powder
  • Aduk rata,kemudian bagi menjadi 2 adonan
  • Masing masing adonan campurkan dengan bahan pertama dan bahan kedua
  • Aduk rata masing-masing adonan
  • Siapkan cetakan kue dan alasi dengan kertas roti, lalu tuangkan adonan sedikit demi sedikit sedemikian rupa sesuai selera
  • Didihkan air selanjutnya kukus kue selama 35-45 menit
  • Angkat dan biarkan dingin
  • Olesi dengan butter cream dan taburan keju parut diatasnya
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Kue yang lainnya
Itulah resep baru yang akan membuat harimu lebih bahagia dan lebih nikmat saat menikmati kedua makanan favoritmu.

Rasa pisang dan teh di dalam bolu ini sangat balance sekali. Jadi, kita akan merasakan sensasi nikmat dan nyuss di lidah.

Semoga resep kue bolu pisang teh hijau dapat menjadi solusi membuat cemilan yang enak dan nikmat di rumah ya. Saat jadi bolu semoga dapat menemani hari harimu agar terasa lebih ceria, hehe.

Selamat mencoba membuat kue bolu pisang teh hijau di rumah masing masing.

Resep Kue Bolo Gulung Enak dan Mudah Dibuat

Kue bolu gulung merupakan salah satu kue atau cemilan yang biasanya ada saat kita sedang berkumpul dengan keluarga ataupun teman.

Tapi pernah gak sih berfikir buat bikin kue bolu gulung sendiri? Sebab bisanaya kita hanyak berfikir makan dan enaknya saja.

Nah, mulai sekarang coba berfikri bagaimanan cara membuat kue bolu gulung ini yuk.

Resep Kue Bolo Gulung Enak dan Mudah Dibuat

Kue ini termasuk cemilan yang dapat mengganjal perut saat lapar lho di tambah dengan rasanya yang enak kelembutannya juga pasti biki kangen.

Selain itu makanan ini sangat cocok buat suasana hangat pas kumpul rame-rame bareng keluarga atau ngobrol bareng tamu special.

Cara pembuatan kue bolu gulung ini juga sangat mudah kok, pun tak memerlukan waktu yang lama.

Bukan Cuma mudah lho, bahan bahan yang diperlukan untuk membuat kue bolo ini juga sangat mudah di dapat di warung terdekat.

Mau buktinya? Ayoo, simak resep kue bolo gulung enak.

Bahan Bahan Kue Bolu Gulung Enak:
  • 125 gr margarin, cairkan
  • 75 gr tepung terigu
  • 75 gr gula halus
  • 6 btr telur
  • ½ sdt vanili essence
  • 25 gr susu bubuk
  • 2 sdt cake emulsifier
  • topping sesuai selera
  • filler seperti selai atau butter cream

Cara Membuat Resep Kue Bolo Gulung Enak:
  1. Ayak tepung terigu bersama dengan susu bubuk dan gula halus, pengayakan dimaksudkan agar bahan-bahan tercampur sampai rata.
  2. Letakkan campuran tepung, gula dan susu dalam mangkok mixer.
  3. Kemudian masukkan telur, cake emulsifier dan vanili essence kedalam campuran tepung.
  4. Kocok adonan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang dan kaku, akhir dari proses ini akan ditandai dengan cipratan adonan pada pinggiran mangkuk jika adonan benar-benar sudah kaku.
  5. Masukkan margarin yang sudah dicairkan sebelumnya, aduk rata dengan kecepatan rendah. Gunakan spatula untuk memastikan adonan benar-benar sudah merata.
  6. Siapkan loyang segi empat berukuran lebar olesi dengan margarin, alasi dengan kertas roti.
  7. Tuangkan adonan dengan ketinggian maksimal 1 cm, jangan terlalu tebal nantinya bolu akan susah untuk digulungkan.
  8. Panggang adonan hingga matang di oven.
  9. Keluarkan bolu gulung dari oven, biarkan hingga agak dingin setelah itu keluarkan bolu dari loyang dan alasi dengan kertas roti.
  10. Olesi permukaan atasnya menggunakan filler seperti selai, butter cream atau bisa saja menyesuaikan selera.
  11. Gulungkan bersama kertas roti dengan hati-hati, perhatikan samping kiri dan kanan agar menggulung sempurna dan bolu tidak patah.
  12. Selesai, beri topping sesuai selera. Kue bolu gulung siap disajikan.
 Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Kue yang lainya
Tips: Kunci utama dari resep bolu gulung lembut dan enak adalah komposisi bahan yang pas agar didapatkan tekstur yang lembut. Selain itu, kualitas bahan juga sangat menentukan.

Demikian lah resep kue bolo gulung enak dan cukup mudah bukan? Selamat mencoba di rumah.

Resep Masakan Tahu Perkedel Ala Bunda di Rumah

Tahu adalah makanan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat kita ini. Namun dengan makanan tahu yang begitu begitu saja, kadang bunda pun merasa bosan. 

Untuk itu kami hadir memberikan resep masakan tahu perkedel yang dapat menjadi kreasi masakan berbahan dasar tahu.

Perkedel adalah makanan yang pada umumnya dibuat dari bahan dasar kentang, tetapi kali ini kami akan membuat perkedel yang terbuat dari bahan dasar tahu yang dihaluskan lalu digoreng.

Oleh karena itulah perkedel tahu saat ini menjadi makanan yang di gemari oleh banyak orang.

Untuk membuat perkedel tahu biasanya dibaluri dengan telur terlebih dahulu sebelum digoreng, proses ini sama dengan membuat perkedel dari bahan kentang rebus.

Apalagi bagi anda para bunda yang mempunyai kewajiban mengurus segala kebutuhan rumah tangga.

Resep perkedel tahu ini wajib dikuasai karena perkedel tahu bisa menjadi teman dari menu hidangan utama yang harus selalu ada dalam setiap santap malam mapun saat sarapan.

Coba ikuti yuk resep tahu perkedel ini siapa tahu bunda cocok dan ingin membuatnya di rumah.
Resep Masakan Tahu Perkedel Ala Bunda di Rumah

Bahan bahan:
  • 350 gr tahu putih
  • ½ sendok teh merica bubuk
  • 2 batang bawang daun polong
  •  ½ sendok teh ketumbar bubuk
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa secukupnya
  • gula pasir secukupnya
  • minyak untuk menggoreng secukupnya

Bumbu halus:
  • 1 cm kunyit
  • 3 siung bawang putih
  • 5 butir bawang merah
  • 60 gr cabe rawit

Bahan pencelup:
  • 2 bt telur ayam

Cara membuat memberikan resep masakan tahu perkedel:
  1. Siapkan mangkuk berukuran sedang untuk membuat adonan perkedel tahu
  2. Masukkan tahu putih kedalam mangkuk lalu haluskan tahu
  3. Setelah tahu sudah halus, kemudian masukkan bumbu bumbu yang sudah dihaluskan
  4. Tambahkan merica bubuk dan ketumbar bubuk, lalu aduk hingga semuanya tercampur rata
  5. Masukkan daun bawang polong yang sudah di iris dan bumbu lainnya (garam, gula dan penyedap rasa) aduk rata dan sisihkan
  6. Ambil mangkuk kecil untuk kocokan telur
  7. Buat adonan perkedel tahu dibentuk bulat sedikit pipih (lakukan sampai adonan habis)
  8. Panaskan minyak secukupnya diatas api sedang kemudian celupkan perkedel kedalam kocokan telur lalu digoreng sampai berwarna kecoklatan dan matang, angkat tiriskan
  9. Perkedel tahu siap untuk disajikan
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Bagaimana? Mudah kan resep masakan tahu perkedel diatas? Jika bunda merasa bingung memasak apa buat bekal si kecil.

Bunda juga dapat membuat perkedel tahu lho, selain itu bunda juga dapat menjamin kebersihan dan kualitas makanan yang akan di berikan kepada keluarga.

Tetap sekali pilihan bunda jika memutuskan untuk membuat perkedel tahu. Semoga resep di atas dapat membantu bunda berkreasi masakan di rumah ya..

Resep dan Cara Membuat Kue Kering Bunga Mawar

Selain nastar, kue yang satu ini berbentuk bunga mawar juga menjadi salah satu kue yang sangat laris di pasaran. Selain memiliki tampilan yang menarik, kue kering bunga mawar ini memiliki ukuran yang sangat pas saat masuk ke mulut.

Biasanya kue kering bunga mawar ini hadir saat lebaran, namun bunda juga dapat menyajikannya untuk teman minum teh atau kopi saat bersantai di rumah.

Apalagi jika semua anggota keluarga sedang berkumpul. Selai itu, kue ini juga cocok untuk cemilan di saat perjalanan. Mungkin akan sedikit mengurangi rasa bosan di jalan ya..

Bunda tertarik dengan kue kering bunga mawar ini? Sebenarnya, resep dan cara membuat kue kering bunga mawar ini sangat mudah kok.

Bahan bahan yang di gunakan pun hampr sama dengan bahan kue kering yang lainnya. Untuk lebih jelasnya bunda dapat menyimak resep dan cara membuat kue kering bunga mawar di bawah ini:

Resep dan Cara Membuat Kue Kering Bunga Mawar

Bahan Kue Kering Bunga Mawar:
  • 150 gr tepung maizena
  • 500 gr tepung terigu
  • 400 gr gula pasir halus
  • 400 gr mentega
  • 150 gr coklat bubuk
  • 3 btr putih telur ayam
  • 5 btr telur ayam (kuningnya saja)
  • 2 sdt vanilla bubuk
  • 1 sdt garam
  • Margarin secukupnya

Cara Membuat Kue Kering Bunga Mawah
:
  1. Siapkan wadah, kemudian kocok mentega pada wadah tersebut, tambahkan setengah gula yang disiapkan, kocok hingga mengembang. Kemudian masukkan kuning telur dan kocok hingga adonan tercampur merata.
  2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, vanilla dan garam langsung dicampur pada adonan tersebut. Aduk sampai merata. Perhatikan adonan jangan sampai terlalu keras agar dicetak dengan mudah.
  3. Ambil telur putih dan sisa setengah gula tadi, kocok pada wadah tersendiri hingga merata. Setelah itu gabungkan pada adonan tepung.
  4. Siapkan loyang khusus yng sudah diolesi margarin sebelumnya. Letakkan plastik yang sudah diberi "spuit" berbentuk bintang. Semprotkan seperti berbentuk bunga mawar.
  5. Tambahkan topping selai warna merah sampai adonan tak tersisa.
  6. Setelah siap, masukkan adonan ke oven selama 15-20 menit dengan kisaran suhu 150 derajat Celcius.
  7. Angkat dan dinginkan, simpan kue ke dalam toples yang tertutup rapat agar terjaga kerenyahannya.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Kue yang lainnya
Ternyata tidak terlalu sulit membuat kue kering mawar diatas ya. Bahan bahan yang di perlukan pun cukup mudah di dapat.

Jadi di rumah bunda juga dapat berkreasi sendiri dengan menambahkan pasta coklat, durian atau yang lainnya untuk menambah kreasi kue kering bunga mawar.

Jika bunda niat banget, selain dapat menjadi cemilan nikmat saat bersantai dengan keluarga di rumah. Kue kering bunga mawar juga dapat bunda jadikan alternative tambahan penghasilan lho.

Silahkan mencoba resep dan cara membuat kue kering bunga bun.

Resep Ayam Bakar Bumbu Gulai Lezat

Hallo bun, ketemu lagi nih di resep resep makanan baru. Pada kali ini kami akan mengulas resep makanan berbahan ayam loh dengan berbagai bumbu specialnya.

Termasuk gulai ayam adalah salah satu jenis nama masakan berkuah yang terbuat dari bahan dasar ayam dan dipadukan dengan bumbu rempah-rempah lainnya.

Namun apa jadinya jika bunda menemukan resep ayam bakar bumbu gulai lezat, apakah bunda akan kaget mendengarnya?

Jangan kaget ya bun, ini memang masakan yang jarang dikenal orang sebab terdengar aneh.

Namun jika bunda mengetahui rasanya akan heran sekali karena sangat lezat. Sebab sajian bernama gulai tak selalu disajikan dengan kuah yang banyak.

resep ayam bakar bumbu gulai lezat merupakan gulai ayam yang berbeda dengan masakan masakan gulai pada umumnya. Dengan bahan dasar sama sama ayam namun akan menghasilkan cita rasa yang berbeda.

Resep ini hadir untuk menemani bunda memasak di dapur loh, biar bunda tambah bersemangat saat memasak untuk keluarga di rumah.

Lihat yuk bun, apa saja bahan dan bagaimana cara membuat ayam bakar bumbu gulai ini.

Resep Ayam Bakar Bumbu Gulai Lezat

Bahan ayam bakar bumbu gulai:
  • 1 ekor ayam, ukuran sedang

Bumbu halus:
  • 350 ml santan dari ½ butir kelapa
  • 2 sdm bumbu gulai siap pakai
  • 6 butir ayam bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm lengkuas
  • 2 cm jahe
  • 1 ½ sdt garam
  • 6 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 sdm margarin untuk olesan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 potong asam kandis

Cara membuat ayam bakar bumbu gulai:
  1. Bersihkan ayam terlebih dahulu, cuci bersih dan potong menjadi empat bagian (menyesuaikan selera). Campur ayam bersama bumbu halus. Aduk hingga tercampur rata.
  2. Masukkan ayam kedalam panci tertutup kemudian masak di api kecil bersama daun jeruk, serai, dan daun salam sampai berair. Tuang sedikit demi sedikit air santan, lanjutkan memasak sambil sesekali diaduk sampai santan habis. Lalu angkat.
  3. Bakar ayam di atas bara arang yang sudah panas, sambil sesekali dioles dengan margarin sampai ayam mulai mengering di kedua sisinya. Jangan lupa untuk tetap membolak balikan ayam agar tidak gosong.

Mudah ya bun, seperti membakar ayam bakar pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah bumbu halusnya. Bagi bunda yang penasaran dapat mencobanya di rumah loh.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Tunggu apa lagi bun, ayo beli bahan untuk memasak. Kami tunggu di dapur ya dengan resep ayam bakar bumbu gulai lezat.

Itulah bun yang dapat kami sampaikan, sedikit info mengenai resep masakan baru. Semoga saja dapat menambah kreasi masakan bunda di rumah ya.

Bunda tahu resep ayam bakar bumbu gulai lezat? Mungkin terdengar aneh, namun bunda harus mencobanya Karena resep masakan yang satu ini dapat menggugah selera makan bunda bersama keluarga.

Cara Mudah Membuat Resep Mie Goreng Jawa

Mie merupakan makanan yang sudah akrab sekali dengan perut. Selain nasi, mie juga dapat lah menggantikan peran nasi untuk mengenyangkan perut kita yang sering berontak saat kelaparan.

Untuk saat ini pun sangat banyak sekali penjual mie yang berkeliling maupun yang membuka kedai.

Bagi para pecinta mie mungkin akan berburu kemana saja untuk dapat menikmati makanan yang satu ini.

Ada yang tahu gak sih kalau mie merupakan salah satu makanan yang menjadi kuliner khas dari jawa. Iyaa, maka dari itu ada juga yang di sebut mie goreng jawa.

Rasa mie goreng jawa sangatlah gurih dan enak, dan sangat cocok sekali di lidah orang jawa.

Jadi, untuk para penggila mie di Indonesia, mie goreng jawa bisa menjadi salah satu sajian yang wajib di cicipi.

Apalagi mengingat mie ini memiliki rasa dan kenikmatan khas tradisional Jawa. Simak yuk bagaimanan resep mie goreng jawa ini. Agar teman teman penggila mie dapat membuatnya sendiri di rumah.

Cara Mudah Membuat Resep Mie Goreng Jawa

Bahan bahan mie goreng jawa:
  • 1 bungkus mie telur kering, masak, tiriskan
  • 1 butir telur
  • 100 gram udang galah, kupas
  • 3 batang daun seledri, iris halus
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • Daun sawi secukupnya
  • Kecap manis, sesuai selera
  • Bawang Merah Goreng
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
  • 4 butir bawang merah
  • 14 butir merica bulat
  • 3 butir bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 3 butir kemiri utuh, sangarai

Langkah membuatan resep mie goreng jawa:
  1. Rebus mie hingga matang dengan air yang cukup dan tiriskan, kemudian lumuri mie dengan minyak goreng kira – kira 1-2 sdm, aduk rata.
  2. Panaskan minyak dalam wajan penggorengan, kira – kira 2 sendok makan.
  3. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan telur, orak arik sampai matang.
  4. Masukkan udang galah yang telah dikupas. Aduk – aduk, kemudian masukkan sawi hingga setengah layu.
  5. Masukkan mie beserta potongan seledri daun dan bawang. Aduk hingga rata dan bumbu meresap kedalam mie.
  6. Tambakan kecep sesuai selera dan bumbui dengan garam secukupnya, aduk hingga rata dan mie mulai sedikit mengering.
  7. Setelah semua bumbu dan mie tercampur rata dan rasa sudah cukup dan pas, matikan api, hidangkan dalam piring saji

Wah cukup mudah ya teman. Dari pada kita lama menunggu sebab antri ada baiknya jika kita membuat mie sendiri di rumah.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Bahan dan langkah langkahnya sudah kami jelasin di atas kok, teman teman tingga menirunya saja sambal praktik di dapur.

Bagi teman teman yang suka dengan rasa pedas dapat menambahkan cabai sesuai selera. Cukup sekian ya pembahasan resep makanan kali ini.

Semoga teman teman dapat menyajikan hidangan yang sangat bergizi untuk keluarga. Sebab mie bukanlah sekedar mie, kita dapat menambahkan berbagai sayuran sebagai pelengkapnya.

Seperti sawi, udang dan lainya. Semoga resep mie goreng jawa dapat bermanfaat.

Resep Sambal Goreng Telur Puyuh Super Pedas

Hallo bun, bertemu lagi pada kesempatan kali ini ya. Kali ini kami akan meberikan resep masakan yang sangat special sekali yaitu sambal goreng telur puyuh super pedas.

Sambal goreng merupakan resep masakan tradisional yang sudah melegenda sejak zaman nenek saya, hehe. Hidangan masakan ini sangat di sukai oleh masyarakat Indonesia.

Perpaduan antara tahu dan telur puyuh yang menjadi bahan dasar pembuatan sambal goreng ini. Cara pembuatan sambal goreng ini pun terbilang sangat simple dan mudah sekali.

Bunda dapat membuat masakan ini secara cepat namun tetap menjaga kelezatannya. Biasanya sambal goreng telur puyuh ini sangat cocok disajikan dengan nasi putih hangat.

Untuk penggunaan cabai dapat menyesuaikan selera, bunda dapat memilih cabai merah besar, atau cabai hijau untuk variasi balado hijau.

Atau bahkan dapat menambahkan cabai rawit untuk memberikan kesan yang super pedas. Simak yuk bun, bagaimana resep sambal goreng telur puyuh super pedas di bawah ini:

Resep Sambal Goreng Telur Puyuh Super Pedas

Bahan-bahan sambal goreng telur puyuh super pedas:
  • Telur puyuh 15 butir
  • Tahu 250 gram
  • Kerupuk kulit 150 gram

Bahan bumbu sambal goreng telur puyuh super pedas:
  • Jahe 1 cm
  • Cabai merah 3 buah
  • Santan kental 200 ml
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Daun salam dan serai
  • Kemiri 3 buah
  • Lengkuas 5 cm
  • Gula, garam dan penyedap rasa secukupnya
  • 15 cabai rawit merah

Cara membuat resep sambal goreng telur puyuh super pedas:
  1. Potong tahu menjadi bentuk dadu lalu digoreng, rebustelur puyuh dan kupas kulitnya.
  2. Ambil bawang putih, bawang merah, cabai merah, jahe, kemiri haluskan semua bahan tersebut lalu ditumis.
  3. Setelah bumbu tercium harum tambahkan santan kental kemudian aduk hingga mendidih.
  4. Masukkan telur puyuh, tahu dan bumbu lainnya kemudian diaduk rata. Setelah bumbu meresap, masukkan kerupuk rambak dan biarkan layu, setelah dirasa cukup segera angkat.
  5. Sambal goreng tahu puyuh telah siap untuk disajikan.
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Selesai deh msaakan kita hari ini bun, bunda harus tahu lho jika hidangan ini sangat cocok sekali di sajikan saat siang hari untuk menu makan siang.

Di tambah dengan segelas es teh manis pasti akan menambah kenikmatan makan siang kita. Yuk bun berkreasi di dapur bareng kita dengan cara mengikuti setiap step step yang telah di jelaskan di atas.

Semoga resep sambal goreng telur puyuh dapat membantu bunda berkreasi masakan di rumah ya, selamta mencoba bun.

Resep Mie Ayam Special Kuah Kental

Mie ayam merupakan makanan favorit di negri kita. Mie ayam juga merupakan jajanan rakyat yang banyak di jual di perkampungan. Meskipun demikian, mie ayam juga termasuk jajanan sehat dan juga bergizi lho.

Selain memiliki rasa yang enak, makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang lengkap. Mulai dari protein, karbohidat, serta gizi lainnya yang terdapat pada sayur pelengkap mie ayam.

Mie ayam dibuat dari mie berkualitas dengan tambahan ayam yang di rajang kecil dan di tabor diatas mie.

Salah satu ciri khas mie ayam yaitu ayamnya yang berwarna kecoklatan yang ditaruh diatas mie dan dilengkapi dengan toping seperti pentol bakso maupun krupuk pangsit.

Selain bahannya yang sangat mudah didapatkan, dan cara memasaknya juga tidak memerlukan waktu yang lama.

Bagi anda penggermar mie ataupun para bunda yang ingin mencoba membuat mie ayam sendiri di rumah, bunda dapat menambahkan ceker pedas di atasnya. Hal tersebut agar lebih nikmat lagi.

Simak yuk bun, langkah langkah resep mie ayam special kuah kental di bawah ini agar bunda dapat segera mempraktekannya di dapur.

Resep Mie Ayam Special Kuah Kental

Bahan dasar mie ayam special kuah kental:
  • 350 gram ayam cuci bersih, potong kotak-kotak kecil
  • ½ kg mie basah atau mie kering, rebus
  • 150 ml minyak ayam
  • 150 ml kecap asin
  • 2 sendok makan kecap inggris
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 3 batang daun bawang, iris
  • Daun sawi secukupnya, rebus
  • Penyedap rasa secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
  • 2 cm kunyit
  • 5 siung bawang merah
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 4 siung bawang putih
  • 3 cm jahe
  • 4 butir kemiri
Baca juga : Kumpulan Cara Membuat Resep Makanan yang lainnya
Cara membuat resep mie ayam special:
  1. Pertama tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga berbau harum dan berubah warna
  2. Kemudian masukkan potongan ayam yang telah dipotong-potong kecil, aduk aduk hingga ayam matang dan empuk serta bumbu meresap dengan sempurna kedalam daging ayam.
  3. Setelah itu tambahkan sedikit demi sedikit atau sesuai dengan selera biarkan air sampai mendidih dan ayam masak
  4. Setelah itu, tambahkan kecap asin, kecap inggris, kecap manis, dan penyedap rasa secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga tercampur rata.
  5. Selanjutnya angkat dan tiriskan ayam yang telah matang dan taruhlah di tempat yang berbeda.
  6. Jika Bunda suka dengan selera pedas, bisa menambahkan saus sambal atau saus tomat menurut selera

Sebagai variasinya, bunda dapat menambahkan toge ataupun bawang mentah pada mie ayam. Untuk takaran kuah bunda juga dapat menyesuaikan dengan selera.

Demikian lah resep mie ayam special kuah kental. Semoga resep ini bermanfaat dan dapat menambah sedikit koleksi masakan bunda di rumah.

Selamat mencoba di rumah ya bun, berikan yang terbaik untuk suami dan keluarga agar betah makan di rumah.